Review: The Girl With The Dragon Tattoo

17.36.00 Jino Jiwan 0 Comments



Judul Buku: The Girl With The Dragon Tattoo (2009)
Karya : Stieg Larsson
ISBN : 978-602-8579-00-1
Penerjemah : Nurul Agustina
Penerbit : Qanita, PT Mizan Pustaka

Berkat sebuah majalah film yang mengatakan bakal ada film versi Hollywood dari buku ini (jika Hollywood sampai tertarik membuat filmnya tentu bukunya dinilai berpotensi kan?), Aku mengambil bukunya dari rak dan mengabaikan sinopsis yang terkesan klise pada sampul belakang (pembunuhan tanpa petunjuk, pembunuhan berantai dalam sebuah keluarga, bla bla). Butuh lebih dari seminggu lebih bagiku untuk merampungkannya. Cukup membutuhkan konsentrasi tinggi untuk mencermati detail (yang ternyata tidak begitu krusial) dalam cerita.

Aku menunggu-nunggu apa yang bakal kutemui dari detail tersebut, ternyata Aku tidak banyak dikejutkan olehnya. Novel ini seharusnya bisa dimampatkan lagi jadi sedikit lebih tipis dengan cara membuang banyak bagian cerita yang menurutku tidak perlu disertakan. Tapi mungkin inilah gaya khas Stieg Larsson. Untungnya, kematiannya justru makin melambungkan novel ini. Penyelidikan yang dilakukan karakter utamanya: Blomkvist, kerap menemui jalan buntu. Mungkin Mr. Larsson ingin agar pembaca ikut merasakan kekecewaan sang protagonis. Sayang terlampau banyak jalan buntu dalam cerita sehingga membuat pembaca tidak berharap banyak ketika ada petunjuk baru yang akan ditelusuri dan pembaca tinggal mengikuti saja jalannya cerita. Jujur saja, alurnya cukup lambat hingga pertengahan buku, tapi endingnya mampu memberi kepuasan bagi tiap karakter di dalamnya.

Segala potensi konflik yang cukup mempesona yang telah dibangun dari awal hingga mendekati akhir sirna begitu. Bahkan kamu mungkin sudah mulai bisa menduga kondisi sebenarnya dari gadis yang dikira telah mati dibunuh itu begitu si pembunuh mengungkap jati dirinya. Dan kamu pasti akan merasakan kekecewaan begitu tahu bahwa semua pengejaran kasus pembunuhan ini ternyata sia-sia saja--tidak lain daripada upaya si penulis untuk mempertemukan dua karakter berlawanan sifat untuk kemudian bekerja sama menyelesaikan perang utama sesungguhnya, dari sebuah media massa kecil melawan kekuatan  orang pemerintahan yang berkuasa, sebagaimana telah dibuka di awal buku.

Berikut sejumlah kata kunci yang bisa kamu dapatkan dari Novel setebal 700 halaman tersebut:
Kekerasan, SEKS, KOPI, SEKS, KOPI, SEKS, KOPI, Swedia dan kota-kotanya yang sulit dilafalkan, Isu-isu keperempuanan, Bisnis Keluarga, Masa Lalu yang Kelam, Psychopath, Sociopath, Yahudi-Nazi, Bible issues, Koruptor, Skandal Keuangan, Hacking and Hacking.

Dragon Tattoo's Meter: 7/10

0 komentar: