Joe Taslim, Jah, dan Fast Furious 6: Sebuah Konspirasi

02.47.00 Jino Jiwan 21 Comments



Sebagai sesama orang Indonesia aku—kita-kita tentu turut senang ada aktor Indonesia yang main di film buatan Hollywood. Ada Iko Uwais yang katanya bermain di film Man of Tai Chi, walau belum jelas kebagian peran apa, dan Johannes Taslim atau Joe Taslim yang main di Fast Furious 6 sebagai tangan kanannya penjahat. Keduanya nyaris pasti terpilih berkat penampilan di film berbahasa Indonesia paling keren sejauh ini, The Raid.

Hanya satu pertanyaanku jauh sejak filmnya belum tayang, yaitu soal nama tokoh yang diperankan oleh Joe Taslim, “Jah”, begitulah informasi dari laman imdb. Nama macam apa Jah itu? Pertanyaan ini aku lontarkan juga di forum imdb di bagian aktor Joe Taslim. Karena terdengar cukup mencurigakan. Aku pun mencari via, apalagi kalau bukan Google, dengan berbagai varian kata kunci, dan aku sih cukup terkejut dengan hasilnya.

arti nama Jah
Jah adalah nama yang berasal dari bahasa hebrew, kependekan tetragramaton YHWH atau disebut Yahweh atau Jehovah, tuhannya bangsa Israel kuno, yang asal mulanya adalah nama dewa perang. Kata ini berasal dari kitab Perjanjian Lama. Sebetulnya cukup dekat dengan kata “Hallelujah”, terpujilah Jah, terpujilah tuhan. Jah dekat juga kaitannya dengan pergerakan Rastafaria, ideologi spiritual asal Jamaika sekitar 1930an. Awalnya muncul dari pemujaan terhadap raja Etiopia, Haile Selassie (Rastafaria berasal dari namanya sebelum dinobatkan) sebagai perwujudan Jah yang dalam artinya adalah “yang selamanya” “Abadi”, alias tuhan.

Yang juga mengejutkan adalah Joe Taslim secara tersirat memerankan tokoh yang berasal dari Indonesia. Ini terungkap karena mas Joe sendiri sempat ngomong dalam bahasa Indonesia dan uniknya diizinkan oleh sutradara film, Justin Lin. Sebenarnya ini kejutan yang menyenangkan buat kita orang Indonesia. Karena sebelumnya aku menduga Joe Taslim yang garis mukanya agak Asia Timur itu bakal memerankan karakter asal Jepang atau China dan sedikit bicara. Anehnya jika memang Joe Taslim memerankan orang yang berasal dari Indonesia tentu ada ribuan nama yang bisa dipilih. Nama yang masih terasa Indonesia-nya sekaligus terdengar nyaman di kuping internasional.

Layak untuk dicuatkan pertanyaan, apa maksud dari pihak Hollywood memilihkan nama “Jah” untuk karakter yang diperankan Joe Taslim, seorang aktor Indonesia (terlepas dari agamanya apa) yang berakting sebagai orang yang memang berasal dari Indonesia—negeri mayoritas muslim—yang dikenal sangat anti-Israel, anti-zionis (tapi sepertinya gak anti-Google:-). Dimana pemerintah kita sendiri dan sejumlah ormas yang...yah kita tahu sendiri, begitu mendukung berdirinya negara Palestina dan lenyapnya Israel dari peta Bumi. Bahkan pernah dalam Pra Piala Dunia 1958 timnas Indonesia memutuskan untuk mengundurkan diri dari pada harus berhadapan dengan Israel demi menghormati Palestina. Ada apa di balik Jah-nya Joe Taslim ini? Aku yakin kita semua punya jawabannya. Pertanyaan ini akan tetap menggantung dan akan tetap ada untuk dipertanyakan. Mengapa?

Sumber argumen:
Yap, hanya dari en.wikipedia.org dan urbandictionary.com juga 123hallelujah.wordpress.com

21 komentar:

Ijinkan Nyepan mengatakan...

yang benar adalah mereka merekrut pemain2 indonesia, karena mereka tau sekarang pasar indo layak jual,,

liat sebelumnya agnez monica jg diundang di premier obvilion

rai saepudin mengatakan...

Jangan asal kaitkan?,,cpa tau ini hal kbetoelan jangan mengusik kerukunan antar umat beragama dan bAngsa dunia brow!,,thanx

Bebas Ngetik mengatakan...

Kalau anda menganggap tulisan ini mengusik kerukunan beragama, anda pasti sedang membayangkan sesuatu yang entah apa ketika membaca tulisan di atas. Aku minta anda baca kembali, itu jika anda berkenan.

Tulisan ini mencoba mengetengahkan sistem pengkodean dari media besar bernama : film. Sebagai media besar, anda terlalu meremehkan dampak yang ditimbulkan film.

Kode nama "Jah" di sini hanya kode kecil yang coba aku wacanakan. Tidak ada yang minta anda untuk percaya. Namanya juga cuma teori konspirasi.

Bebas Ngetik mengatakan...

Yang perlu diketahui, Indonesia itu tengah diincar dan dimanfaatkan, karena orang Indonesia kurang 'berprestasi' (dlm tanda kutip) dan mudah sombong alias gampang bangga dengan pencapaian yang belum seberapa.

Aneka Download mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Aneka Download mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Aneka Download mengatakan...

Assalamu'alaikum
Ikut Nimbrung Ahhh....
saudara-saudaraku sekalian jangan saling bertengkar..... kita kan sodara.... Oke coy....
Kalo di cari di Mbah Google ada juga yang mengartikan JAH : kemuliaan, kebesaran, keluhuran.
Ni Sumbernya : http://istilahkata.com/jah-2.html
http://nama.crazyartzone.com/index.asp?cat=Cari&key=Jah
http://www.namaislambayi.com/nama-bayi-laki-laki/arti-nama-jah-meaning-of-jah.html
http://arti-kata.com/48062/jah.html
http://def.artidefinisi.com/Definisi-jah.htm
Kita Possitive Thinking aja Coy
Kalo emang ada yang yang niatnya ga baik... Moga - moga aja cepet diampuni dosanya...
Wassalam
Mohon Komen saya ini jangan dihapus.

hanafie prasetya mengatakan...

Iya bener itu hanya kebetulan aja . Ga' usah dibesar"kan . Selalu berfikir positif aja bro :)

Bebas Ngetik mengatakan...

Tulisan ini bukan untuk berprasangka buruk kok. Hanya mempertanyakan. Kalau anda semua sering (maksudnya betul-betul sering) menonton film, apalagi film itu produk dari suatu industri besar. Mohon untuk tidak menganggapnya hanya hiburan semata. Sebab selalu ada sesuatu di balik sesuatu.

Coba deh sering-sering main ke imdb.com, baca bagian trivia dan connections. Ini bukti kecil batapa hal kecil pun dipikirkan oleh pembuat film.

Sebuah nama boleh punya banyak makna termasuk yang disebut di komentar, namun selalu ada asal-usul (origin) nya. Sejarah itulah yang aku tayangkan.

Dan aku gak pernah menghapus komentar atau mengajak bertengkar :-)

Aneka Download mengatakan...

Ya benar tuh.... Orang Indonesia SOmbong termasuk ANDA ini.... yang kurang menerima/menanggapi masukan dari orang secara positif... dan segala sesuatu yang dibuat memang punya tujuan...
Contoh aja bikin tempe ya buat dijual...
bikin baju ya buat di jual juga..
begitupun bikin film ya buat dijual...
bukan begitu Saudara.... Senegara...

Bebas Ngetik mengatakan...

Loh kok sombong? Aku kan cuma berpendapat. Aku menghargai pendapat anda kok. Semua komentar ini masalahnya disampaikan dlm bentuk tulisan jadi terkesan keras padahal nadanya tidak begitu.
Itu komentar yang hapus bukan admin (aku).

Anonim mengatakan...

Kalau menurut ane sih mendengar nama 'Jah' ane malah inget nama aktor Thailand, Tony Jaa (Ong Bak), mungkin memang org2 di luar Asia Tenggara menyeragamkam kultur bahkan nama2 org Asia Tenggara, jd dianggap mereka sama aja. Masih ingat film 'Anacondas' yg setting ceritanya di Kalimantan? Di situ ada karatkter org Indonesia (diperankan oleh Karl Yune aktor Amerika-Korea) yg namanya 'Tran', padahal Tran itu nama org Vietnam. Jd kesimpulan ane sih ini bentuk penyeragaman kultur aja.

Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

masalah sederhan nya, kenapa indonesia harus benci ama ISRAEL??

israel ngk pernah ganggu indonesia.. ngk pernah jajah indonesia...

lah konflik dengan palestina juga konflik POLITIK, perebutan wilayah..
bukan agama..
(hanya orang indonesia yg suka ngait2kan dengan agama)

so, maw namnya "JAH" mewakili ISRAEL sekalipun, apa SALAHnya??


saya kira ini PEMBELAJARAN untuk orang indonesia...
ngapin sih ngurusin orang, sementara diri sendiri jauh dari kata BAIK...


Bebas Ngetik mengatakan...

Sepertinya banyak yang menganggap tulisan ini bernada 'kebencian' atau ngompor-ngompori untuk ngajak membenci, padahal inti dari tulisan ini adalah mempertanyakan: Mengapa? Mengapa dari sekian banyak nama di Indonesia yang dipilih adalah nama itu.

Soal konflik Israel Palestina, gak semua orang Indonesia mau ambil pusing dengan itu. Arah tulisannya bukan ke sana juga. Yang disampaikan di tulisan ini mengenai sejarah dan fakta.

Terima kasih sudah berkomentar.

dica jaya mengatakan...

nice info Alat Bantu Sex

Aji mengatakan...

Nice info...selalu ada sesuatu di balik sesuatu...hati2 itu perlu.

Anonim mengatakan...

konspirasi besar memang sedang digarap..
bukti2nya bahkan dapat kita lihat dari sesuatu yang remeh..
seperti music, movie, and sport

Gokma Sahala mengatakan...

numpang nimbrung masukan yang baik dari admin saya setuju dengan teori konspirasi admin tapi kalau cuma admin bilang itu konspirasi israel...itu sih hal kecil,mau negara amrik,RRC,arab,itu semua ada masanya dan dapat ketahuan ide dan pikiran serta tujuannya.masalah bangsa indonesia mudah dikompori itu sudah hal biasa masalahnya bangsa indonesia juga belajar untuk jadi orang pintar diluar faktor minoritas maupun kaum mayoritas menanggapi kode nama"jah atau Yah memang benar konotasi alelujah/haleluyah terpujilah-Jah...terpujilah-Yah itulah satu-satunya terjemahan dalam alkitab indonesia versi LAI dan itu pun adanya dikitab wahyu/penyingkapan itulah nama ilahi yg diberikan Tuhan kepada nabi Musa dan keseluruh para nabi bani israel turun temurun dan itulah nama pribadi ALLAH semesta alam ..tetapi jangan takut akan provokasi apapun sebab musuh terbesar manusia bukanlah sesama manusia lain tetapi kepada makluk yang pertama kali ikut campur ditaman firdaus/taman Eden,dimana Tuhan membuat perintah yg harus di taati sepasang manusia pertama[orang tua pertama kita manusia] tetapi saat itu bukan cuma manusia yg di ciptakan pertama kali anda boleh baca di Al-quran atau di Alkitab bahwa jauh miliaran tahun sebelunya mahkluk mahkluk gaib sudah diciptakan Tuhan yg mahakuasa,dan mahkluk2x itu sangat kuat termasuk menipu daya manusia sehingga ikut campur urusan rohani pemerintahan Tuhan terhadap manusia pertama maaf kepanjangan intinya musuhkitamanusia bukan sesama manusia tetapi kpd makluk yang mengganggu tindakan rohani mereka berbakti kpd ALLAH yg benar mengikuti mahkluk/malaikat kuat yg berusaha menjauhkan manusia berbakti kepada ALLAH yg benar trims

Gokma Sahala mengatakan...

apapun itu hendaknya kita tanggap positif sebab bangsa indonesia masih dipandang dan berkwalitas dalam akting dan dapat mengikuti perkembangan jaman apalagi perfileman internasional apapun itu demi kemajuan NKRI kita dukung tapi kalau menyangkut memecah belah mengarah sarah maka ujung tombak untuk memulihkan dan menjaga martabat bangsa ada di tangan tentara nasional Indonesia dan didukung segenap bangsa Indonesia tidak ada minoritas tidak ada mayoritas

Alamanda mengatakan...

Hmm, kalau ngomongin konspirasi emang gak ada abisnya gan. Teorinya makin didalemin makin menimbulkan tanda tanya, dan semua punya peluang untuk muncul. Nice info gan, ane jadi tambah informasi nih ^^